Tekno

Resmi Dirilis, eSIM Telkomsel Kini Bisa Dibeli mulai Rp 25.000

Foto: GadgetSquad.ID

LiveNews – Telkomsel akhirnya resmi meluncurkan layanan eSIM untuk pelanggannya. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menikmati layanan seluler tanpa perlu kartu SIM fisik. 

eSIM, atau Embedded Subscriber Identity Mobile, adalah chip kecil yang tertanam di dalam perangkat mobileChip ini menyimpan informasi terkait identitas pelanggan, seperti nomor telepon dan paket data, sehingga pengguna tidak perlu lagi repot-repot memasukkan kartu SIM fisik. 

Kehadiran eSIM Telkomsel ini membawa angin segar bagi para pengguna smartphone modern yang menginginkan pengalaman seluler yang lebih praktis dan aman. Berikut adalah keunggulan utama eSIM Telkomsel: 

  • Bebas dari Kerusakan dan Kehilangan: Pengguna tidak perlu lagi khawatir kehilangan atau kerusakan kartu SIM fisik. eSIM tertanam dengan aman di dalam perangkat, sehingga risiko kehilangan atau kerusakan kartu SIM fisik tidak lagi menjadi masalah.
  • Proses Pengaturan Mudah: Aktivasi eSIM dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi MyTelkomsel. Pengguna tidak perlu lagi mengunjungi GraPAR Telkomsel atau toko online untuk mendapatkan kartu SIM fisik.
  • Transfer Data Mudah: Memindahkan eSIM ke perangkat lain dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pengguna tidak perlu lagi repot-repot memotong kartu SIM fisik atau menunggu kartu SIM baru dikirimkan.
  • Mengurangi Sampah Plastik: Penggunaan eSIM membantu mengurangi sampah plastik dari kartu SIM fisik. Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel terhadap keberlanjutan lingkungan.
  • Membuka Peluang Inovasi: Teknologi eSIM membuka peluang baru bagi Telkomsel untuk menghadirkan layanan dan produk inovatif yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Memperkuat Posisi Telkomsel: Peluncuran eSIM ini memperkuat posisi Telkomsel sebagai pemimpin dalam industri telekomunikasi Indonesia, selalu terdepan dalam menghadirkan teknologi terbaru dan terbaik bagi pelanggannya.
Baca Juga:   Baru Akan Rilis Minggu Depan, iPhone 15 Sudah Dapat Kritikan

Harga dan Ketersediaan

eSIM Telkomsel tersedia dengan harga mulai dari Rp 25.000. Pengguna dapat membeli eSIM di GraPAR Telkomsel, toko online Telkomsel, atau melalui aplikasi MyTelkomsel. Saat ini, eSIM Telkomsel kompatibel dengan beberapa perangkat mobile tertentu, seperti iPhone 13 series, Samsung Galaxy S22 series, dan Oppo Find X5 Pro. Telkomsel berencana untuk memperluas ketersediaan eSIM ke lebih banyak perangkat di masa depan. Rincian harga eSIM adalah sebagai berikut: 

Harga paket eSIM Telkomsel
Foto: tekno.kompas.com

 

eSIM PraBayar Telkomsel

  • Paket Lite 6 GB (1 GB internet, 5 GB internet lokal, 30 hari) – Rp25.000
  • Paket Lite 10 GB (2 GB internet, 8 GB internet lokal, 30 hari) – Rp28.000
  • Paket Lite 15 GB (2 GB internet, 13 GB internet lokal, 30 hari) Rp35.000
  • Paket Lite 24 GB (3,5 GB internet, 20,5 GB internet lokal, 30 hari) – Rp50.000
  • Paket Lite 40 GB (6 GB internet, 34 GB internet lokal, 30 hari) – Rp75.000
  • Paket Lite 60 GB (8 GB internet, 52 GB internet lokal, 30 hari) – Rp90.000

eSIM RoaMax

  • Paket Internet RoaMAX Western (10 GB, 7 hari) – Rp15.000

eSIM Tourist

  • Paket WNA Tourist Starterpack 25 GB (25 GB internet, 30 hari) – Rp150.000
  • Paket WNA Tourist Starterpack 35 GB (35 GB internet, 30 hari) – Rp200.000
  • Paket WNA Tourist Starterpack 60 GB (60 GB internet, 30 hari) – Rp250.000
  • Paket WNA Tourist Staterpack 100 GB (100 GB internet, 30 hari) – Rp400.000
  • Paket WNA Tourist Starterpack 200 GB (200 GB internet, 30 hari) – Rp800.000

Langkah-langkah Aktivasi eSIM Telkomsel

  1. Pastikan perangkat Anda kompatibel dengan eSIM. 
  2. Memiliki akun MyTelkomsel yang aktif.
  3. Buka aplikasi MyTelkomsel dan pilih menu “eSIM”. 
  4. Ikuti petunjuk yang diberikan di layar untuk mengaktifkan e SIM. 
Baca Juga:   Cara Baru Menkominfo Berantas Judi Online: Blokir Rekening!

Manfaat eSIM

eSIM tidak hanya menawarkan kemudahan dan keamanan, tetapi juga membuka peluang tak terbatas bagi pengguna dan Telkomsel. 

Bagi Pengguna: 

  • Kebebasan Berekspresi: Pengguna dapat dengan mudah berganti nomor telepon tanpa perlu membeli kartu SIM baru. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengikuti tren dan menyesuaikan nomor telepon dengan kebutuhan mereka.
  • Keamanan Data Terjamin: eSIM menggunakan teknologi enkripsi yang canggih untuk melindungi data pengguna. Hal ini memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna saat menggunakan layanan seluler.
  • Peluang Bisnis Baru: Pengguna dapat menggunakan eSIM untuk menghubungkan berbagai perangkat, seperti smartwatch, tablet, dan laptop, ke jaringan seluler. Hal ini membuka peluang baru bagi pengguna untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan produktivitas.

Bagi Telkomsel:

  • Meningkatkan Pelanggan: eSIM dapat menarik lebih banyak pelanggan, terutama generasi muda yang menginginkan pengalaman seluler yang lebih modern dan praktis.

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: eSIM dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menawarkan layanan yang lebih mudah digunakan dan aman.
  • Menciptakan Layanan Baru: Telkomsel dapat menciptakan layanan baru yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi eSIM.

Antisipasi Tantangan

Meskipun kehadiran eSIM membawa banyak keuntungan, perlu diantisipasi potensi tantangan yang mungkin timbul. Misalnya, memastikan kompatibilitas eSIM dengan berbagai perangkat dan meningkatkan edukasi pengguna tentang teknologi eSIM. Dengan persiapan yang matang, Telkomsel dapat memastikan kelancaran implementasi eSIM dan membawa manfaat maksimal bagi pelanggannya.

Peluncuran eSIM Telkomsel merupakan langkah besar yang membawa industri telekomunikasi Indonesia ke era baru. Dengan eSIM, pengguna dapat menikmati layanan seluler yang lebih praktis, aman, dan ramah lingkungan. Telkomsel berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggannya, termasuk dengan memperluas ketersediaan eSIM ke lebih banyak perangkat di masa depan.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Baca Juga:   TikTok Dilarang di AS, CEO Shou Zi Chew Melawan: Bela Hak Pengguna

Related Articles

Back to top button