Bisnis

6 UMKM Terbaik Indonesia Bersaing di IMA UMKM Award 2023

LiveNews – Indonesia Marketing Association (IMA) sebagai organisasi yang berfokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi, menyelenggarakan IMA UMKM Award untuk memajukan ekosistem pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. Finalis terbaik IMA UMKM Award akan bersaing di Jakarta pada 14 Oktober 2023.

Rangkaian seleksi IMA UMKM Award telah dimulai sejak 20 Mei hingga 22 Juni 2023 untuk tahap pendaftaran, dilanjutkan dengan tahap seleksi dan kurasi peserta pada 22 Juni hingga 3 Juli 2023.

Dilanjutkan dengan tahap pelatihan dan workshop yang telah dilaksanakan pada 8 Juli hingga 26 Agustus 2023. Selanjutnya, peserta memasuki tahap mentoring dan coaching hingga bulan September dan diakhiri dengan tahap penjurian perencanaan bisnis bagi 6 UMKM finalis terpilih pada 14 Oktober 2023.

“Melalui IMA UMKM Award, IMA berkomitmen untuk mendukung perkembangan sektor UMKM di Indonesia. Kami percaya bahwa dengan memberikan akses atas pelatihan yang terdepan, UMKM di Indonesia dapat meningkatkan daya saing bisnis mereka dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional. IMA percaya bahwa dengan memberikan akses atas pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, UMKM di Indonesia dapat meningkatkan daya saing bisnis mereka di tengah tantangan pasar yang kompetitif,” kata President IMA Pusat, Suparno Djasmin ditulis Selasa (10/10/2023).

Baca Juga:UMKM Pertamina Raup Transaksi Hingga Rp 3,36 Miliar di Pameran Inacraft on October 2023

Rangkaian IMA UMKM Award mendapat antusiasme yang tinggi dari kalangan UMKM Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Sebanyak 477 UMKM dengan 58,5% dari golongan usaha UMKM Umum dan 41,5% dari golongan usaha UMKM Pariwisata mendaftarkan diri dalam rangkaian IMA UMKM Award.

Di tahap pertama, tim kurator mempertimbangkan kelengkapan dokumen serta hasil wawancara dengan menilai beberapa aspek, yaitu: potensi, motivasi, tujuan dan dampak usaha, model dan strategi bisnis yang dijalankan, serta segmen pasar sasaran.

Baca Juga:   Tumbuhkan Ide-ide Kreatif Mahasiswa, Pegadaian Hadirkan The Gade Creative Lounge di UNJ

Sebelum melaju ke tahap pemaparan bisnis, IMA terlebih dahulu memberikan persiapan kepada peserta berupa pelatihan dan workshop. Tahap ini ditujukan untuk mematangkan pengetahuan, kemampuan, dan perencanaan bisnis para UMKM sebelum memasuki tahap seleksi perencanaan bisnis.

Sekitar 287 UMKM yang berhasil melewati tahap seleksi pertama melanjutkan tahap pelatihan dan workshop yang dimulai 8 Juli-26 Agustus 2023. Pelatihan ini merupakan upaya IMA untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM di Indonesia dengan menghadirkan pakar dari Alumni Certified Professional Marketer (CPM) dan pengurus IMA yang memiliki pengalaman luas di bidang itu.

Ada 50 UMKM tersaring pada pelatihan dan workshop ini berfokus pada bidang pemasaran bisnis dan keterkaitannya antara lain dengan Sustainable Development Goals (SDGs), kerja sama Indonesia Global Compact Network (IGCN), perempuan, dan kaum muda.

Baca Juga:Kolaborasi Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Sektor UMKM

Pada tahap ini, para mentor akan melatih dan memantau secara khusus untuk meningkatkan kemampuan para peserta dan memilih 50 UMKM yang kemudian dilanjutkan ke tahap ketiga, yaitu mentoring dan coaching.

Related Articles

Back to top button