Tekno

Mengenal Lapse : Media Sosial dengan Konsep “Invite-Only”

Foto: Lapse

LiveNews – Lapse merupakan aplikasi media sosial yang membawa penggunanya bernostalgia. Foto yang dihasilkan dari aplikasi ini memiliki nuansa vintage. Sejak awal perilisannya pada September 2021, aplikasi ini menduduki peringkat pertama Apple App Store di UK & US. Apa saja hal menarik yang perlu diketahui dari Lapse? Simak penjelasannya berikut ini.

Memiliki Konsep Invite-Only

Hal yang membuat Lapse berbeda dari media sosial lainnya yakni menggunakan sistem invite-only. Artinya, agar dapat menggunakan aplikasi tersebut, penggunanya diharuskan mengundang sejumlah teman untuk menggunakan aplikasi tersebut. Dilansir dari ZDNET, jumlah teman yang diundang berbeda-beda, tergantung pada saat penggunanya mendaftar. Tidak hanya itu, penggunanya juga diminta untuk melakukan serangkaian hal, seperti memberikan akses ke kamera dan kontak, serta menambahkan widget Lapse ke layar kunci. 

Baca juga: 5 Aplikasi Kamera HP untuk Sulap Foto Bagai Kamera Film Jadul

Selain bagian dari strategi marketing, penggunaan sistem invite-only ini dapat menciptakan kesan yang ekslusif terhadap aplikasi tersebut serta dapat meningkatkan rasa penasaran kepada calon penggunanya.

Foto yang Dihasilkan Lapse

Lapse menerapkan konsep yang mirip dengan kamera disposable. Foto yang diambil menggunakan aplikasi ini secara otomatis akan menerapkan filter dengan nuansa vintage seperti yang ada pada disposable camera.

contoh lapse foto

Foto: Sabrina Ortiz/ZDNET

Cara Menggunakan Lapse

Sebagai informasi, aplikasi ini hanya tersedia di Apple App Store. Setelah memenuhi persyaratan yang sebelumnya telah dijelaskan, maka aplikasi pun telah siap untuk digunakan. Lapse juga menyediakan sedikit demo yang tersebar di seluruh aplikasinya. Saat membuka Lapse, tampilannya seperti saat akan membagikan cerita di Snapchat atau Instagram Story. Dibutuhkan beberapa jam agar dapat melihat hasil foto dari aplikasi Lapse ini. Hasil foto tersebut kemudian akan ditampilkan pada kolom, “Darkroom”. Tutorial selengkapnya untuk menggunakan Lapse dapat dilihat di sini.

Baca Juga:   Bio Farma Menghadirkan Aplikasi Layanan Kesehatan Super "Mediverse"

Foto: Tangkapan layar kanal youtube.com/mrhack

Pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila foto tersebut telah selesai diproses. Selanjutnya, pengguna dapat melakukan proses seleksi terhadap foto tersebut. Swipe ke kiri untuk mengarsipkan foto atau swipe ke kanan untuk menambahkan foto tersebut ke dalam sebuah journal, di mana teman dapat melihat foto tersebut.

Baca
Berita dan Artikel yang lain di 
Google News.

(sza)

Related Articles

Back to top button