Nasional

5 Bacaan Doa Ulang Tahun Bahasa Arab, Latin dan Artinya

LiveNews – Ulang tahun merupakan peringatan hari pada saat seseorang lahir ke dunia. Dalam penerapannya, hari ulang tahun seharusnya dipenuhi doa-doa dan harapan baik, agar kehidupan yang kita jalani semakin penuh berkah. Nah, bagi Anda yang beragama Islam jangan lupa mengamalkan doa ulang tahun bahasa Arab. 

Kelahiran seseorang ke dunia tentu akan membawa perasaan senang dan bahagia, sehingga diharapkan menjadi sebuah berkah bagi orang-orang terdekatnya. Selain itu, dengan adanya ulang tahun inj juga menandakan jatah umur yang diberikan Allah SWT kepada kita berkurang, artinya kita sudah semakin dekat dengan kematian. 

Maka dari itu, sebagai seorang yang beriman kita dapat melakukan refleksi diri dan semakin bersemangat untuk beribadah serta melakukan amalan baik. Jika Anda ingin memanjatkan doa kepada orang terkasih dengan doa ulang tahun bahasa Arab, simak ulasan berikut ini.  

Doa Ulang Tahun Bahasa Arab 

Baca Juga:4 Bacaan Doa Pendek Pengganti Qunut dan Artinya

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah kumpulan doa ulang tahun bahasa Arab lengkap dengan bacaan latin dan artinya yang bisa kita amalkan: 

1. Doa Ulang Tahun Bahasa Arab: Memohom Diberi Panjang Umur  

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ 

Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir. 

Artinya: “Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkan kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia atau di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.” 

Baca Juga:   Babak Baru Pelaku Kasus Penyiraman Air Keras ke Siswa SMK di Pulogadung

Baca Juga:Doa Qunut Dibaca Saat Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

2. Doa Ulang Tahun Bahasa Arab: Meminta Kesejahteraan 

وَٱلسَّلَٰمُ عَلَىَّ يَوْمَ وُلِدتُّ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا 

Was-salāmu ‘alayya yauma wulittu wa yauma amụtu wa yauma ub’aṡu ḥayyā 

Artinya: “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali,” 

3. Doa Ulang Tahun Bahasa Arab: Mmeinta Kemurahan Rezeki 

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ 

Bismillahi ‘ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qadha’ika, wa barik li fima quddira li hatta la uhibba ta’jila ma akhkharta, wa la ta’khira ma’ajjalta. 

Artinya: “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang kau tunda dan enggan menunda apa yang kau segerakan.” 

4. Doa Ulang Tahun Bahasa Arab: Meminta Keselamatan Dunia Akhirat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ 

Arab latin: Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut. 

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal,” 

Baca Juga:   Konflik Israel-Palestina Makin Memanas, Tiga Negara Timur Tengah Kompak Salahkan Israel

5. Doa Ulang Tahun Bahasa Arab: Memohom Kebaikan 

 وَبَرَكَتَهُ وَهُدَاهُ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَخَيْرَ مَا قَبْلَهُ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ. وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ وَشَرِّ مَا قَبْلَهُ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ 

Allahumma inni as’aluka khaira hadzal yaum, fathahu wa nashrahu, wa nurahu, wa barakatahu wa hudahu. Allahumma inni as’aluka khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi wa khaira ma qablah, wa khaira ma ba’dah. Wa ‘a’udzubika min syarri hadzal yaum, wa syarri ma fihi wa syarri ma qablah, wa syarri ma ba’dah. 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan, pembuka rahmat, pertolongan, cahaya, berkah, dan petunjuk di hari ini. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini, kebaikan apa yang ada di dalamnya, kebaikan hari sebelumnya, dan kebaikan hari setelahnya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini, keburukan apa yang ada di dalamnya, keburukan hari sebelumnya, dan keburukan hari sesudahnya.” 

Nah itulah tadi bacaan doa ulang tahun bahasa Arab lengkap dengan tulisan latin dan artinya. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Related Articles

Back to top button