Tekno

Anti Bingung! Ini Cara Mengatasi Kode QR Tidak Valid di WhatsApp

Foto: KompasTekno

LiveNews – Kode QR telah menjadi salah satu metode populer untuk melakukan berbagai tindakan, termasuk menambahkan kontak di WhatsApp. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah di mana mereka mendapati pesan “Kode QR Tidak Valid”atau “No Valid QR Code Detected”. Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari maslah teknis hingga kesalahan pengguna, seperti: 

  1. Koneksi Internet Tidak Stabil: Jika koneksi internet tidak stabil atau lemah, kode QR mungkin tidak dapat dimuat dengan benar. Ini dapat mengakibatkan kesalahan saat mencoba memindai kode QR.
  2. Kerusakan Layar Ponsel: Layar ponsel yang tergores, kotor, atau rusak bisa menyebabkan masalah dalam pemindaian kode QR. Jika layar tidak bisa menampilkan kode QR dengan jelas, maka perangkat mungkin tidak dapat membaca kode tersebut dengan benar.
  3. Perangkat Lunak WhatsApp yang Tidak Terbaru: Penggunaan versi WhatsApp yang sudah usang atau belum diperbarui bisa menyebabkan masalah dalam pemindaian kode QR. Versi WhatsApp yang tidak diperbarui mungkin memiliki bug atau masalah kompatibilitas yang dapat mengganggu proses pemindaian.
  4. Cache Aplikasi yang Tersumbat: Akumulasi cache dalam aplikasi WhatsApp bisa menyebabkan masalah teknis, termasuk kesalahan saat memindai kode QR. Cache yang tersumbat bisa mengganggu operasi normal aplikasi dan menyebabkan kesalahan dalam proses pemindaian.
  5. Izin Kamera Tidak Diberikan: Jika WhatsApp tidak memiliki izin untuk mengakses kamera ponsel, maka proses pemindaian kode QR tidak akan berhasil. Pastikan WhatsApp diizinkan untuk menggunakan kamera pada perangkat Anda.
  6. Kode QR yang Rusak atau Tidak Valid: Kadang-kadang masalah sebenarnya terletak pada kode QR itu sendiri. Kode QR yang rusak atau tidak valid tidak akan dapat dibaca oleh aplikasi WhatsApp dengan benar, yang mengakibatkan kesalahan saat mencoba memindai.
  7. Kesalahan Pengguna: Beberapa kasus masalah kode QR mungkin disebabkan oleh kesalahan pengguna, seperti pemindaian kode QR dari jarak yang terlalu jauh, sudut yang tidak tepat, atau cahaya yang terlalu redup.
Baca Juga:   5 Cara Mengetahui Akun Instagram Kita di-Mute Orang Lain

Baca juga: WhatsApp Punya 3 Tab Baru, “Semua”, “Belum Dibaca”, dan “Grup”, Ini Fungsinya

Cara Mengatasi “Kode QR Tidak Valid” di WhatsApp 

cara mengatasi kode QR tidak valid di whatsapp
Sumber: Unsplash.com

Setelah mengetahui faktor penyebab kode QR tidak valid, Anda dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan lebih efektif. Berikut adalah 8 cara untuk mengatasi kode QR yang tidak valid di WhatsApp, antara lain:

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil dapat menyebabkan kesulitan dalam memuat kode QR dengan benar. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil atau memiliki sinyal seluler yang cukup kuat.

2. Bersihkan Layar Ponsel Anda

Kode QR mungkin sulit terbaca jika layar ponsel Anda kotor atau tergores. Bersihkan layar ponsel Anda dengan kain lembut dan hindari goresan atau noda yang dapat menghalangi pemindaian.

3. Periksa Orientasi Kode QR

Pastikan Anda memindai kode QR dengan orientasi yang benar. Beberapa ponsel mungkin memerlukan pemindaian dari sudut tertentu untuk mendeteksi kode dengan benar. Cobalah untuk memiringkan ponsel Anda atau mengubah sudut pemindaian.

4. Update Aplikasi WhatsApp

Kadang-kadang masalah dengan kode QR dapat diselesaikan dengan memperbarui aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru. Periksa apakah ada pembaruan yang tersedia di toko aplikasi Anda dan instal jika diperlukan.

5. Hapus Cache Aplikasi WhatsApp

Cache yang terakumulasi dalam aplikasi WhatsApp dapat menyebabkan masalah teknis, termasuk masalah dengan pemindaian kode QR. Coba hapus cache aplikasi WhatsApp di pengaturan ponsel Anda dan coba lagi.

6. Restart Ponsel Anda

Restarting ponsel Anda dapat membantu memperbaiki masalah kecil yang mungkin terjadi dengan perangkat lunak atau perangkat keras. Matikan ponsel Anda selama beberapa detik, lalu nyalakan kembali dan coba lagi memindai kode QR.

Baca Juga:   Tak Perlu Repot! Ini Cara Kirim Pesan WhatsApp Ke Banyak Kontak Lewat Fitur Broadcast

7. Aktifkan Izin Kamera

Pastikan aplikasi WhatsApp memiliki izin yang tepat untuk mengakses kamera ponsel Anda. Buka pengaturan privasi di ponsel Anda dan pastikan WhatsApp diizinkan untuk menggunakan kamera. 

8. Coba Kode QR Lainnya

Jika masalah terus berlanjut, coba minta kode QR baru atau gunakan kode QR dari perangkat lain jika memungkinkan. Masalah mungkin terletak pada kode QR tertentu yang sedang Anda coba pindai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mengatasi masalah “Kode QR Tidak Valid” di WhatsApp. Jika masalah terus berlanjut, pertimbangkan untuk menghubungi dukungan teknis WhatsApp untuk bantuan lebih lanjut.

Baca Berita dan Artikel di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button