Tekno

ASN RI Bakal Punya Media Sosial Khusus, Ini Kelebihannya

(Foto : Freepik by Syarifahbrit) 

LiveNews – 

Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah menciptakan suatu inovasi bernama SmartASN, sebuah platform media sosial khusus bagi para aparatur sipil negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Berbeda dari platform seperti TikTok atau Instagram, SmartASN tak hanya sebagai tempat berinteraksi, tetapi juga dirancang sebagai sarana pembelajaran dan pengembangan diri.

Dalam upaya pengembangannya, saat ini SmartASN tengah diujicobakan di 78 kementerian dan lembaga pemerintahan, beserta Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bertanggung jawab atas pilot project ini.

Menurut Asisten Deputi Percepatan Transformasi Digital Manajemen SDM Aparatur Kementerian PANRB, Katmoko Ari Sambodo, pilot project ini rencananya akan diperluas ke pemerintah daerah pada tahun 2024.

Tampilan dan Fitur SmartASN

Keunikan dari SmartASN terletak pada tampilannya yang mirip dengan media sosial pada umumnya, memudahkan penggunaannya. Di platform ini, pengguna dapat membuat status tanpa batasan karakter, saling mengikuti, berinteraksi, dan menjelajahi profil pengguna lain.

Ari menjelaskan bahwa pengguna juga memiliki kendali penuh atas informasi yang ingin mereka bagikan di profil mereka. Di SmartASN, tersedia modul pembelajaran dalam beberapa bentuk yang dapat diakses pengguna. Pertama, terdapat buku elektronik atau e-book yang dapat dibagikan antar pengguna.

Baca Juga : ASN Medsos dan Minimal Punya 500 Followers Bakal Dijadikan Influencer Pemerintah

Selanjutnya, terdapat audio book, yaitu versi audio dari e-book yang memungkinkan pendengaran. Platform ini juga menyediakan rekaman podcast dan talkshow untuk dipelajari oleh penggunanya.

Jenis pembelajaran ketiga adalah informasi seputar acara-acara seperti webinar atau seminar. Meskipun hanya berfungsi sebagai informasi mengenai acara yang akan datang, hal ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk tetap terkini dengan informasi terkait pembelajaran.

Baca Juga:   Cara Hitung Pajak dan Daftar IMEI Jika Ingin Beli iPhone 15 di Luar Negeri

Dengan fitur-fitur tersebut, SmartASN diharapkan dapat menjadi sarana yang tidak hanya memungkinkan interaksi antara ASN, tetapi juga memperkaya pengetahuan serta pengembangan diri mereka.

Kesimpulan Pemanfaatan teknologi dalam hal ini tentunya menjadi pintu menuju masa depan ASN berbasis digital yang lebih baik. Dengan terus menggali potensi yang ada, kita harap dapat menciptakan lingkungan ASN yang lebih interaktif di ruang digital. Maka dari itu, kita harapkan ASN ini bisa terus berinovasi, beradaptasi dan bersama-sama membangun ASN yang mampu menjawab tantangan di masa depan.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(nr)

Related Articles

Back to top button