Nasional

Jadwal ANBK SMA 2023, Catat Tanggalnya Gladi Bersih hingga Pelaksanaannya

LiveNews – Tahun ini, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan kembali diterapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Lalu kapan jadwal ANBK SMA 2023?

Simak jadwal jadwal ANBK SMA 2023 dalam artikel berikut ini.

Asesmen Nasional ini merupakan salah satu inisiatif yang diutamakan dalam era kepemimpinan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, sejak tahun 2021 lalu. Terjadi perubahan secara signifikan dalam pendekatan Asesmen Nasional jika dibandingkan dengan sistem Ujian Nasional (UN) yang telah dihapus.

Pergeseran ini berfokus pada evaluasi serta pemetaan keseluruhan sistem pendidikan, yang melibatkan aspek input, proses, serta output, dan bukan lagi menilai prestasi siswa secara individual. Rencananya, siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) akan memulai pelaksanaan ANBK lebih awal, menjelang akhir bulan Agustus 2023.

Baca Juga:5 Film Indonesia Tayang di Netflix Buatmu Nostalgia Zaman SMA

Jadwal ANBK SMA 2023

Melansir informasi yang dipublikasikan oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek di akun Instagram, tersedia jadwal ANBK SMA 2023 dengan rincian sebagai berikut:

  • Tanggal 28-30 Juli 2023 yaitu Simulasi sinkronisasi SMA/SMK dan SMP setara.
  • Tanggal 31 Juli-3 Agustus 2023 yaitu Simulasi SMA/SMK dan SMP setara.
  • Tanggal 18-20 Agustus 2023 yaitu Gladi bersih sinkronisasi SMA/SMK setara.
  • Tanggal 21-24 Agustus 2023 yaitu Gladi bersih SMA/SMK setara.
  • Tanggal 25-27 Agustus 2023 yaitu Pelaksanaan sinkronisasi SMA/SMK setara.
  • Tanggal 28-31 Agustus 2023 yaitu Pelaksanaan SMA/SMK setara.
  • Tanggal 2-3 September 2023 yaitu Pelaksanaan Paket C.

Itulah jadwal ANBK 2023 untuk SMA yang perlu diperhatikan. Pelaksanaan ANBK SMA 2023 hari pertama akan dilaksanakan tes Literasi Membaca dan Survei Karakter. Kemudian dilanjutkan pada hari kedua, akan dilaksanakan tes numerasi dan survei lingkungan belajar.

Baca Juga:   Pernyataan KPK Soal Aliran Dana Korupsi SYL Dinilai Politis, NasDem: Mbok ya Direm-rem Lah

Sebagai informasi tambahan, Asesmen Nasional mencakup tiga komponen utama. Yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Ketiga komponen ini telah diterapkan di seluruh jenis lembaga pendidikan, termasuk sekolah, madrasah, dan program pendidikan setara Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Tujuan dari pelaksanaan ANBK SMA 2023 adalah untuk mengetahui seperti apa kualitas dari proses belajar-mengajar dan mengadakan perbaikan untuk hal mana yang memang perlu ditingkatkan.

Baca Juga:Seleksi Penerimaan CPNS 2023 Segera Dibuka, Cek Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA dan S1

Kemudian, pada soal-soal ANBK dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan juga numerasi pada setiap peserta didik.

Lalu, tujuan lain ANBK SMA 2023 adalah hasil akhirnya bisa digunakan untuk menganalisis bagaimana karakter dan sosial-emosional dari peserta didik dan gurunya.

Demikian jadwal ANBK SMA 2023 lengkap mulai gladi bersih hingga pelaksanaannya.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Related Articles

Back to top button