Hiburan

Kontroversi kalguksu muncul kembali usai Minji NewJeans berkomentar

Jakarta (LiveNews) – Salah satu anggota dari grup idola NewJeans, yakni Minji kembali mendapat komentar beragam dari warganet setelah setahun lalu dirinya terlibat dalam kontroversi kalguksu, yang akhirnya muncul kembali di awal bulan ini karena komentar Minji dalam siaran langsungnya. 

 

The Korea Times, Kamis waktu Korea Selatan, melaporkan kontroversi kalguksu yang melibatkan Minji NewJeans telah memicu perdebatan di kalangan warganet. Kontroversi ini kembali muncul baru-baru ini, hampir setahun setelah kejadian awal dan membuat Minji NewJeans meminta maaf. 

 

 

Kalguksu adalah hidangan khas Korea Selatan berupa mie dari tepung terigu yang dipotong pisau dan disajikan dengan kaldu serta bahan lainnya. Menu ini termasuk makanan yang sering ditemui di berbagai restoran Korea.

 

Pernyataan Minji tentang hidangan populer tersebut memicu perdebatan apakah dia berpura-pura tidak tahu agar dilihat sebagai “gadis mewah” yang tidak terbiasa dengan makanan orang biasa.

 

Setelah semua keributan itu, Minji akhirnya membahas masalah ini saat siaran langsung dengan semua anggota NewJeans pada 2 Januari 2024 lalu.

 

“Apa menurutmu saya tidak tahu apa yang ada di kalguksu? Tolong dipikir-pikir lagi. Saya bilang saya tidak tahu karena saya benar-benar tidak tahu (apa yang ada di kalguksu). Tahukah kamu tentang semua jenis kalguksu dan bahan-bahannya?” kata Minji saat itu.

 

Terlepas dari upayanya untuk mengklarifikasi masalah itu, beberapa warganet masih berkomentar negatif terhadapnya karena Minji terdengar telah menggunakan “nada yang tajam dan kesal”. Oleh karena itu, Minji kembali meminta maaf secara terbuka melalui aplikasi komunikasi penggemar, yakni Phoning.

 

“Saya minta maaf atas sikap buruk saya pada siaran langsung pada 2 Januari yang membuat pemirsa merasa tidak nyaman,” tulis Minji.

Baca Juga:   Xdinary Heroes akan gelar tur konser dunia perdana "Break The Break"

 

Dia menambahkan, “Sebagai seorang picky eater (pemilih makanan) yang belum pernah mencoba kalguksu, tanpa sengaja saya berkata, ‘apa itu kalguksu?’ ketika saya memikirkan tentang jenis dan rasanya. Saya hanya berbicara pada diri saya sendiri, jadi saya tidak tahu akan ada kesalahpahaman,” tulisnya.

Baca juga: Jeon Somi meminta maaf atas kontroversi hak cipta

 

Dia juga menyebutkan keraguan awalnya untuk mengklarifikasi kesalahpahaman tersebut. Awalnya, dia berpikir masalah ini akan mereda seiring berjalannya waktu.

 

Namun, kesalahpahaman ini tidak berhenti dibicarakan dan membuat Minji terganggu hingga merasa frustrasi. Dia pun memutuskan untuk mengklarifikasi hal itu dan meminta maaf.

 

“Namun, saya sangat merenungkan diri saya sendiri karena telah mengecewakan kalian dengan sikap saya yang tidak dewasa. Ke depannya, saya berkomitmen untuk lebih berhati-hati agar tidak terulang kembali ” kesalahan yang sama,” tulisnya.

 

Permintaan maaf Minji telah memecah opini publik, dengan beberapa orang mengklaim bahwa dia tidak perlu meminta maaf atas masalah sepele seperti itu. Banyak yang bersimpati dengan Minji karena dirinya adalah bintang K-pop yang dituntut untuk selalu menjaga tingkah lakunya.

Baca juga: Video kontroversi kembali beredar, Julie KISS OF LIFE minta maaf

 

“Sepertinya hidup sebagai bintang K-pop sangat menuntut,” komentar salah seorang warganet.

 

Warganet lain menulis, “Dia telah menjadi korban ‘kontroversi kalguksu’ selama setahun dan itulah mengapa dia berbicara seperti itu. Saya tidak mengerti apa masalahnya,” kata mereka.

 

Namun, ada juga warganet yang berpendapat bahwa nada dan sikap Minji terlalu berlebihan dan keputusannya untuk meminta maaf adalah tindakan yang tepat.

 

Penerjemah: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © LiveNews 2024

Baca Juga:   Mengulik fenomena kesepian dan pinjaman daring dalam film "Sleep Call"

Related Articles

Back to top button