Bisnis

Profil dan Agama Prajogo Pangestu, BREN Melantai di BEI, Sang Pemilik Orang Terkaya di Indonesia

LiveNews – PT Barito Renewables Energy Tbk yang menggunakan kode emiten BREN secara resmi mengumumkan pencatatan pertama kali saham (IPO/Initial Public Offering) di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin (9/10/2023). Prajogo Pangestu, sang pemilik perusahaan ini pun menjadi sorotan.

BREN sendiri adalah sebuah perusahaan yang mengelola bisnis panas bumi (geothermal) yang didirikan oleh taipan Prajogo Pangestu. Profil dan agama Prajogo Pangestu pun menarik untuk disimak. 

Menurut laporan BEI, usai dibuka saham BREN langsung mengalami kenaikan sebesar 25 persen ke Rp975 per saham. Sebelumnya, Barito Renewables menawarkan sebanyak 4.015.000.000 saham dengan jumlah harga Rp780 per saham.

Dalam penawaran pertama ini, BREN lantaa berhasil mengumpulkan Rp3.131.700.000, dengan oversubscription yang menakjubkan yakni sebesar 135,2 kali. 

Baca Juga:Komisaris Independen Emiten Teknologi Karya Digital Nusa, Resdiansyah Mengundurkan Diri

Profil Prajogo Pangestu 

Prajogo Pangestu merupakan pengusaha kelahiran Bengkayang, Kalimantan Barat, 13 Mei 1944. Prajogo Pangestu saat ini berusia 79 tahun. Diketahui pria keturunan Tionghoa ini menganut agama Kristen. 

Belum lama ini Prajogo Pangestu dinobatkan sebagai orang terkaya keempat di Indonesia tahun 2023 versi Forbes. Dengan total kekayaan mencapai 9,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp153 triliun. Kekayaannya ini berhasil ia dapat lewat kerja keras, meskipun dulunya ia sempat menjadi sopir angkot. 

1. Kehidupan Pribadi 

Prajogo Pangestu merupakan pria keturunan China dari keluarga Hakka Guandong yang terlahir dengan nama asli yaitu Phang Djoen Phen. Diketahui, ayahnya hanya buruh penyadap getah karet yang hanya mampu menyekolahkannya sampai di jenjang SMP. 

Baca Juga:Emiten SRAJ Incar Pendapatan Rp2,4 Triliun Meski Dibayangi Rugi Awal 2023

2. Awal Karier Sebagai Pengusaha 

Baca Juga:   Masa Jabatan Tinggal Hitungan Hari, Ganjar Tetap Cek Progres Perbaikan Jalan

Prajogo Pangestu mengawali kariernya sebagai seorang pengusaha pada tahun 1970-an. Pada awalnya ia membentuk perusahaan Barito Pasific setelah bekerja di salah satu perusahaan kayu cukup terkenal bernama Djajanti Group dengan posisi General Manager. 

Barito Pasific didirikan pada tahun 1979. Perusahaan ini lambat laun mulai mengurangi bisnis perkayuan, lalu memperbesar bisnis ke sektor petrokimia, migas hingga tambang. 

Melalui bisnisnya tersebut Prajogo berhasil mengakuisisi sebanyak 70 persen saham perusahaan petrokimia PT Chandra Asri Petrochemical yang sekarang ini menjadi anak perusahaan dari Barito Pasific. 

Biodata Prajogo Pangestu 

• Nama Lengkap: Phang Djoen Phen 

• Nama Panggung: Prajogo Pangestu 

• Tempat/Tanggal lahir: Bengkayang, Kalimantan Barat, 13 Mei 1944 

• Umur: 79 Tahun (2023) 

• Agama: Kristen 

• Nama Pasangan: Herlina Tjandinegara 

• Nama Anak: Agus Salim Pangestu, Nancy Pangestu, Baritono Pangestu 

• Profesi: Pengusaha 

• Pendidikan: SMP. 

Nah demikian tadi ulasan tentang profil dan agama Prajogo Pangestu pun PT Barito Renewables Energy Tbk yang menggunakan kode emiten BREN. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Related Articles

Back to top button