Bisnis

Punya Nilai Jual, Warga Pulau Pura Dilatih Seni Anyaman Daun Lontar

LiveNews – Sukarelawan Srikandi Ganjar Nusa Tenggara Timur (NTT) melanjutkan kegiatan positifnya. Kali ini, mereka melatih seni anyaman dari daun lontar untuk warga dan milenial di Pulau Pura.

Para ibu dan milenial yang hadir diberikan pelatihan dan dipraktikkan langsung. Mereka secara perlahan mengikuti pemateri yang mengarahkan seni menganyam menggunakan daun lontar.

Perwakilan Srikandi Ganjar NTT Rahmasari Ulumando mengatakan, pelatihan seni menganyam diberikan untuk membantu perekonomian warga dengan hasil kerajinan yang dibuat.

“Hari ini kami membuat seni menganyam dari daun lontar. Seni menganyam daun lontar ini untuk membantu perekonomian warga yang ada di desa ini,” ujar Rahma di Kampung Melangwala, Desa Pura Barat, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor ditulis Minggu (15/10/2023).

Baca Juga:Angkat Tema Titen, Biennale Jogja 2023 Tonjolkan Keberpihakan Warga Lokal dan Perempuan

Tak hanya membantu perekonomian warga, Rahma menuturkan kegiatan Srikandi Ganjar NTT juga ditujukan untuk melatih keterampilan tangan dan kreativitas warga.

Menurut Rahma, banyak warga Pulau Pura khususnya milenial yang perlu mendapatkan pelatihan agar mereka bisa ikut serta dalam membuat seni anyaman.

“Dari seni menganyam ini kami juga membantu para milenial yang belum bisa menganyam, dapat melatih kreativitas mereka dari seni menganyam ini,” kata Rahma.

Adapun kerajinan tangan seni anyaman daun lontar yang dihasilkan berupa topi, tas, dompet, bakul, kipas tangan, hiasan dan nyiru atau wadah.

Rahma pun menyebutkan, kehadiran para pendukung Capres 2024 Ganjar Pranowo itu ke Pulau Pura membangkitkan semangat warga dalam membuat kerajinan tangan dari daun lontar.

Baca Juga:ICH Fest 2023 Berskala Internasional, Wadah Persatukan Bangsa Serumpun Kelola Warisan Budaya Takbenda

“Masyarakat di sini sangat antusias untuk melakukan kegiatan seperti ini, apalagi mereka sudah tahu kalau kegiatan ini dari Srikandi Ganjar NTT,” ucap Rahma.

Baca Juga:   Ekonomi Sedang Sulit, Mak Ganjar Bantu Tekan Stunting di Kalsel Lewat Penyuluhan

Related Articles

Back to top button