Hiburan

Teror Dracula di kapal Demeter dalam “The Last Voyage of the Demeter”

Jakarta (LiveNews) – Para awak kapal Demeter yang tengah berlayar ke Inggris harus bertahan hidup di tengah laut selama berhari-hari dari teror yang ditebar oleh makhluk mistis penghisap darah Dracula dalam film “The Last Voyage of the Demeter”.

Berlatar waktu tahun 1897, film dibuka dengan penemuan sebuah bangkai kapal yang karam di pesisir Inggris. Polisi yang mengecek kapal naas itu tidak menemukan satu pun awak yang masih hidup. Namun, mereka menemukan sebuah buku catatan perjalanan yang ditulis oleh sang kapten kapal.

Mundur sedikit ke empat minggu sebelumnya, di suatu pelabuhan di Varna, Bulgaria, sebuah kapal dagang bernama Demeter menerima titipan kargo yang harus dikirim ke London, Inggris.

Muatan itu dikirim oleh penduduk setempat yang secara mencurigakan enggan membantu memuat kargo dan hanya menyampaikan ungkapan semoga beruntung kepada para awak kapal.

Demeter yang tengah kekurangan awak akhirnya merekrut beberapa orang termasuk seorang dokter bernama Clemens (Corey Hawkins). Tanpa disadari, kapal tersebut membawa sebuah peti kayu misterius dengan lambang naga pada tutupnya.

Baca juga: Film “Final Destination 6” siap dirilis setelah pemogokan berakhir

 

Potongan adegan dalam film “The Last Voyage of the Demeter”. (LiveNews/HO/Dokumentasi Film The Last Voyage of the Demeter)

Awak kapal Demeter dikejutkan dengan munculnya seorang perempuan bernama Anna (Aisling Franciosi) dari dalam salah satu peti kayu dalam kondisi sekarat. Setelah dirawat oleh Clemens, Anna memperingati para kru akan sosok makhluk mistis Dracula yang juga berada di kapal Demeter.

Teror dimulai ketika semua hewan ternak di atas kapal mati secara misterius dengan luka bekas gigitan di leher. Tak lama setelah itu seorang awak kapal melihat penampakan sosok misterius saat berjaga malam hari.

Namun, kejadian-kejadian aneh itu belum cukup meyakinkan awak kapal lain, terutama Clemens, bahwa peristiwa janggal itu disebabkan oleh Dracula seperti yang diperingatkan Anna.

Baca Juga:   Serikat penulis Hollywood capai kesepakatan sementara dengan studio

Setelah berhari-hari di tengah laut, sosok Dracula semakin sering menampakkan wujudnya di malam hari bahkan dia mulai menyerang dan membunuh awak kapal satu per satu untuk diminum darahnya.

Baca juga: Catchplay+ umumkan serial “Losmen Melati” tayang 17 Agustus

 

Potongan adegan dalam film “The Last Voyage of the Demeter”. (LiveNews/HO/Dokumentasi Film The Last Voyage of the Demeter)

Setelah banyak korban berjatuhan akibat Dracula yang selalu haus darah, Clemens, Anna, beserta kru kapal yang tersisa berusaha untuk mengakhiri teror Dracula sembari bertahan hidup agar tidak ada lagi awak kapal yang menjadi korban berikutnya.

Film horor yang menampilkan sebagian besar adegan malam hari itu cukup menyuguhkan nuansa horor yang mencekam.

Pemandangan kapal minim cahaya, musik pengiring yang mendebarkan, ditambah pengambilan gambar yang beberapa kali berfokus pada lorong gelap dan ekspresi tegang para tokohnya semakin menambah kesan horor dalam film tersebut.

Tidak hanya menyuguhkan unsur horor yang menegangkan, film “The Last Voyage of the Demeter” juga menampilkan beberapa adegan emosional terutama ketika kapten kapal Demeter harus merelakan para awak kesayangannya yang meninggal.

Kapten kapal yang bernama Elliot (Liam Cunningham) mengayomi para awak kapalnya dan menyayangi kapal Demeter yang telah menjadi rumah sepanjang karirnya sebagai pelaut sehingga ikatan emosional telah terjalin baik dengan awak kapal maupun kapal Demeter itu sendiri.

Baca juga: Segera digarap, film “The Parcel” angkat sosok hantu laki-laki

 

Potongan adegan dalam film “The Last Voyage of the Demeter”. (LiveNews/HO/Dokumentasi Film The Last Voyage of the Demeter)


 

Sosok Dracula dalam film “The Last Voyage of the Demeter” tampak berbeda dari yang umum dikenal. Tidak berwujud manusia dengan pakaian rapi ala bangsawan dan jubah hitam ikoniknya, Dracula dalam film tersebut justru tampil serupa monster dengan mulut dipenuhi taring panjang dan kedua tangannya dapat membentangkan sayap.

Baca Juga:   CNBLUE di Indonesia: Sayang-sayangku! - ANTARA News

Adegan kejut atau jumpscare beberapa kali dihadirkan dalam film “The Last Voyage of the Demeter” sehingga penonton yang memiliki ketakutan berlebih dengan adegan jumpscare atau tidak bisa menerima kejutan perlu sebaiknya mempertimbangkan konsekuensinya sebelum menonton film horor itu.

Cerita dalam film “The Last Voyage of the Demeter” diadaptasi dari salah satu bab berjudul “The Captain’s Log” dalam novel klasik populer bertajuk “Dracula” karangan oleh Bram Stoker yang pertama terbit pada 1897.

Film “The Last Voyage of the Demeter” dibintangi oleh deretan pemeran kenamaan di antaranya Corey Hawkins, Aisling Franciosi, Liam Cunningham, David Dastmalchian, Jon Jon Briones, Stefan Kapicic, Nikolai Nikolaeff, dan Javier Botet.

Digarap oleh rumah produksi DreamWorks Pictures, film “The Last Voyage of the Demeter” disutradarai oleh André Øvredal sementara Brad Fischer, Mike Medavoy, and Arnold Messer bertindak sebagai produser.

Baca juga: Balai Pustaka persembahkan film horor “Kutukan Peti Mati” 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha

Related Articles

Back to top button