Olahraga

Wawancara Khusus Purwanto Suwondo: Harapan untuk Arkhan Kaka dan Timnas U-17

Arkhan Kaka saat tampil di Piala Dunia U-17. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT.

LiveNews – Arkhan Kaka Purwanto menjadi bintang yang sejauh ini bersinar bersama Timnas Indonesia U-17 dalam gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Striker berusia 16 tahun itu dua kali menjadi bintang tim berjuluk Garuda Muda dalam meraih poin selama berlaga di babak penyisihan Grup A.

Arkhan Kaka mencetak gol pada menit 22 sebelum disamakan oleh Allen Obando pada menit 28, saat Indonesia ditahan imbang Ekuador 1-1 Jumat (10/11/23).

Gol keduanya juga membantu Timnas Indonesia U-17 meraih 1 poin melawan Panama U-17 Senin (13/11/23). Golnya pada menit 54 membalas lesakan Castillo Jimenez menit 45.

Timnas Indonesia U-17 pun masih menjaga peluang untuk meraih 1 tiket menuju babak 16 besar. Tim asuhan Bima Sakti kini menghuni peringkat 3 Grup A dengan 2 poin.

Di sisi lain, bakat besar sebagai calon striker masa depan Indonesia Arkhan Kaka tak bisa lepas dari sang ayah. Dia adalah Purwanto Suwondo.

Sebagaimana diketahui, Purwanto merupakan striker jempolan yang lama beredar di era kompetisi Liga Indonesia awal 2000-an silam.

Dia seangkatan dengan Bambang Pamungkas dan Ellie Aiboy kala memperkuat Timnas Indonesia baik di ajang Piala AFF (dulunya Piala Tiger) dan SEA Games.

Sosok yang kini berusia 46 tahun itu dulunya malang melintang di sejumlah klub seperti Semen Padang, Persija Jakarta, hingga Persela Lamongan.

Dan setelah gantung sepatu, Purwanto melanjutkan karier sebagai pelatih dimulai saat membesut Persatu Tuban pada Liga 2 musim 2019 lalu.

Pelatih yang mengantongi lisensi AFC A itu kini menjadi Direktur Akademi Borneo FC yang turun di kompetisi EPA (Elite Pro Academy).

Indosport berkesempatan bertemu dan mewawancari singkat Purwanto saat ikut hadir menyaksikan Arkhan Kaka Purwanto bertanding untuk Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga:   Rekap Rumor Transfer: Liverpool Cari Pengganti Salah, AC Milan Boyong Taremi

Sang anak tampil moncer dengan mencetak 1 gol dalam hasil imbang kontra Panama U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya Senin (13/11/23).

Related Articles

Back to top button