Olahraga

Arema FC Rekrut Fernando Valente, Ayah Bintang Persebaya Sebagai Pelatih Baru

Pelatih baru Arema FC, Fernando Valente. (Foto: MO Arema FC)

LiveNews – Arema FC secara resmi mengumumkan figur berkebangsaan Portugal sebagai pelatih baru yang akan melanjutkan tugas duet Joko Susilo dan I Putu Gede di Liga 1 musim ini.

Figur itu tak lain adalah Fernando Valente, yang sebelumnya sudah digadang-gadang segera menjadi juru taktik baru bagi tim berjulukan Singo Edan.

Arema FC mengumumkan ayah dari playmaker Persebaya Surabaya, Ze Valente itu pada sesi latihan tim di Stadion Gajayana Malang, Rabu (23/8/23).

Itu sekaligus latihan perdana yang dipimpinnya jelang bersiap untuk melakoni jadwal pekan ke-10 Liga 1 2023/2024 menjamu Persikabo 1973 di Bali, Senin (28/8/23).

“Hari ini kami umumkan secara resmi bahwa Fernando Valente sebagai pelatih kepala di Arema FC,” bilang manajer tim, Wiebie Dwi Andriyas.

Wiebie pun melanjutkan, bahwa memang pelatih bernama lengkap Jose Fernando Martins Valente itu bukan satu-satunya kandidat pelatih yang masuk radar klub.

Sebelumnya, sejumlah nama juga dikaitkan erat sebagai pelatih baru bagi Gustavo Almeida dkk selepas duet Joko Susilo dan I Putu Gede mengundurkan diri.

Dua diantaranya adalah Divaldo Alves, pelatih Portugal yang membesut Persik Kediri musim lalu. Satu nama lain adalah eks pelatih Persebaya, Aji Santoso.

“Dari beberapa opsi, pilihan kami jatuh kepada Fernando Valente. Kami butuh pelatih yang secara record (karir) tidak hanya bicara soal teknis,” beber dia.

“Tapi juga yang bisa mengangkat mental pemain. Harapan kami supaya Arema FC kembali ke papan atas klasemen,” sambung Wiebie Dwi Andriyas.

Punya Nilai Plus
General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi lantas menambahkan, bahwa penunjukan Fernando Valente sebagai pelatih baru juga sudah melalui konsep matang.

Baca Juga:   5 Bintang Top Eropa yang Layak Dibeli AC Milan usai Jual Rafael Leao

Ada sejumlah pertimbangan yang diambil klub berlogo kepala singa dalam mendapuk ayah playmaker Persebaya Surabaya, Ze Valente tersebut.

“Manajemen dan tim pelatih bergerak cepat untuk membahas bagaimana pelatih baru tim. Mulai lisensi sampai psikologi harus clear (jelas),” terang Yusrinal.

“Akhirnya muncul nama Fernando Valente yang cocok (dengan kebutuhan tim). Dia memang belum pernah (melatih klub) di Indonesia, tapi pernah di Asia,” sambung dia.

Ada satu nilai plus yang membuat Arema FC langsung melayangkan surat tawaran kepada juru taktik kebangsaan Portugal yang berusia 64 tahun tersebut.

Selain aspek teknis, Fernando Valente ternyata juga punya bekal untuk mengangkat mental pemain. Itulah kunci suksesnya menangani sejumlah tim muda di Eropa.

“Dia sudah (berlisensi) UEFA Pro dan punya lisensi Euro Linguistik, secara gampangnya itu adalah sertifikat mengangkat mental,” Yusrinal menjelaskan.

Eks pelatih Shakhtar Donetsk U-19 itu lantas bersiap menjalani debutnya memimpin Arema FC di Liga 1. Yaitu saat menjamu Persikabo 1973 di Bali Senin (28/8/23).

Related Articles

Back to top button