Tekno

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Berbunyi

Foto: Moyens I/O

LiveNews – Dalam setiap aplikasi chatting, seperti WhatsApp, terdapat fitur yang memungkinkan kalian untuk menerima notifikasi suara ketika ada pesan baru. Notifikasi ini berguna untuk memberi tahu kalian adanya pesan baru yang masuk.

Namun, terkadang suara notifikasi WhatsApp tidak berbunyi, sehingga dapat mengganggu dan membuat kalian melewatkan pesan-pesan yang penting.

Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah ini:

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp Mungkinkan Pengguna Sembunyikan Alamat IP

Penyebab Notifikasi WhatsApp Tidak Berbunyi

1. WhatsApp dalam mode senyap: Pertama, pastikan bahwa WhatsApp tidak dalam mode senyap (mute).

2. Pengaturan suara dinonaktifkan: Beberapa pengguna mungkin telah menonaktifkan suara notifikasi WhatsApp atau memilih nada dering yang tidak terdengar.

3. Nada dering terlalu lemah: Pastikan bahwa nada dering yang kalian atur cukup keras atau tidak dalam mode getar.

4. Kesalahan dalam pengaturan nada dering: Periksa pengaturan nada dering WhatsApp untuk memastikan bahwa pilihan nada dering yang kalian pilih berfungsi dengan baik.

5. HP dalam mode senyap: Pastikan bahwa ponsel kalian tidak dalam mode senyap (silent).

Baca juga: Fitur Baru Whatsapp: Sembunyikan Last Seen dari Beberapa Kontak

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Berbunyi

Foto: Tech Advisor

1. Nyalakan Pengaturan Pemberitahuan WhatsApp: Buka pengaturan di ponsel kalian, cari menu aplikasi, temukan WhatsApp, dan pastikan pemberitahuan/notifikasi diaktifkan. Restart ponsel kalian setelahnya.

2. Pastikan Ponsel Tidak dalam Mode Senyap: Buka pengaturan ponsel kalian, cari menu suara, dan pastikan ponsel tidak dalam mode senyap. Beberapa mode selain senyap juga dapat mematikan suara notifikasi, jadi periksa dengan cermat.

3. Aktifkan Background Data: Pastikan background data diaktifkan agar WhatsApp tetap dapat menerima pesan meskipun aplikasinya ditutup.

Baca Juga:   Kurangi Polusi Udara di Rumah dengan Rutin Servis AC

4. Periksa Pengaturan Nada Dering di WhatsApp: Buka aplikasi WhatsApp, periksa pengaturan nada dering di dalamnya, dan pastikan semuanya diatur dengan benar.

5. Cek Izin Notifikasi WhatsApp: Di pengaturan ponsel, pastikan izin notifikasi untuk WhatsApp diaktifkan.

6. Force Stop WhatsApp: Buka pengaturan ponsel, temukan WhatsApp, dan paksa berhentikan aplikasinya. Kemudian buka kembali WhatsApp.

7. Hapus Data Aplikasi WhatsApp: Hapus data dan cache aplikasi WhatsApp melalui pengaturan ponsel. Pastikan kalian telah mencadangkan data chatting sebelumnya.

8. Perbarui WhatsApp: Pastikan kalian menggunakan versi terbaru WhatsApp dari Google Playstore. Jika ada pembaruan yang tersedia, instal pembaruan tersebut.

9. Reinstall WhatsApp: Jika masalah masih berlanjut, coba hapus WhatsApp dan pasang ulang dari Google Playstore.

10. Factory Reset: Jika semua upaya di atas gagal, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik pada ponsel kalian. Pastikan kalian telah mencadangkan semua data penting sebelum melakukannya.

(dwk)

Related Articles

Back to top button