Nasional

Diam-diam, Polisi Telah Periksa Mentan SYL Tiga Kali dalam Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK

LiveNews – Polda Metro Jaya telah memeriksa Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL hingga tiga kali dalam keterkaitannya dengan kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyebut, penyelidikan terkait kasus ini berawal dari aduan masyarakat yang diterima pada 12 Agustus 2023.

Selain SYL, ada lima saksi lainnya yang juga telah diperiksa sebagai saksi.

“Beliau telah dimintai keterangan untuk klarifkais sebanyak tiga kali,” kata Ade di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Baca Juga:Firli Bahuri Bantah Kabar Pimpinan KPK Peras Mentan SYL: Tidak Benar!

Namun, Ade tidak merinci identitas lima saksi lainnya yang telah diperiksa. Ia hanya mengungkap beberapa di antaranya merupakan sopir dan ajudan SYL. 

“Enam orang sampai saat ini yang sudah kami minta keterangan maupun klarifkasinya salah satunya Mentan. Lima orang lainnya driver maupun adc (ajudan) beliau,” ungkapnya. 

Pada Kamis siang, SYL tiba-tiba mendatangi Markas Polda Metro Jaya. Ia tiba di lokasi sekitar pukul 12.42 WIB. 

Berdasarkan pantauan LiveNews, SYL datang menggunakan mobil Toyota Alphard hitam dengan pelat nomor B 1169 ZZH.

Setiba di lokasi politikus partai NasDem tersebut langsung bergegas masuk ke Gedung Propam Polda Metro Jaya yang terkonekasi dengan Gedung Promoter kantor Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto. 

Baca Juga:Mentan Syahrul Yasin Limpo Tiba-tiba Datangi Polda Metro Jaya, Laporkan Pimpinan KPK soal Dugaan Pemerasan?

“Keluarnya lewat Promoter. Tunggu saja di sana,” kata polisi wanita atau Polwan yang di sekitar lokasi. 

Laporan Pemerasan Pimpinan KPK

Sebelum kedatangan SYL ke Polda Metro Jaya telah beredar surat pemeriksaan polisi terhadap sopir dan ajudannya. Dalam surat tersebut keduanya dijelaskan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK.

Baca Juga:   Yakin Cak Imin Tak Akan Jadi Tersangka KPK, Mahfud MD: Saya Nguping

Surat panggilan pemeriksaan terhadap ajudan Mentan SYL atas nama Panji Harianto tertera dengan Nomor: B/10338/VIII/Res.3.3./2023/Ditreskrimsus. Sedangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap sopir Mentan SYL atas nama Heri tercantum dengan Nomor: B/10339/VIII/Res.3.3./2023/Ditreskrimsus.

Dalam surat tersebut sopir dan ajudan Mentan SYL diminta hadir pada Senin, 28 Agustus 2023 lalu pukul 09.30 WIB di Ruang Pemeriksaan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. 

Kedua surat panggilan itu dilayangkan pada 25 Agustus 2023 dan ditandatangani langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat menyatakan akan memastikan kebenaran informasi terkait adanya laporan pemerasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK tersebut.

Ia juga berjanji akan menyampaikan ke publik setelah berkoordinasi dengan jajaran Polda Metro Jaya. 

“Nanti akan kita cek di Polda. Nanti setelah itu kita akan berikan rilis,” kata Listyo kepada wartawan, Kamis (5/10/2023).

Related Articles

Back to top button