Nasional

Pindah ke PAN, Dua Eks Kader PSI Bakal Dicopot dari Kursi Anggota DPRD

LiveNews – Kader baru Partai Amanat Nasional (PAN), Anggara Wicitra Sastroamidjojo dan Idris Ahmad bakal dicopot dari jabatannya sebagai Anggota DPRD DKI. Keputusan ini diambil setelah keduanya menyatakan angkat kaki dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina. Ia menyebut pihaknya sudah mulai menjalankan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) DPRD DKI.

“Jadi sebetulnya proses PAW untuk Idris dan Anggara sudah berjalan di internal semenjak kedua orang tersebut mengirimkan surat pengunduran diri 25 Agustus 2023 lalu,” ujar Elva saat dikonfirmasi, Rabu (13/9/2023).

Sebagai syarat terakhir, ia mengaku menunggu adanya pernyataan publik mengenai perpindahan partai dari kedua politisi itu.

Baca Juga:Viral Ketum PAN Zulhas Bagi-bagi Duit Gocapan ke Warga, KPK: Itu Cara Curang!

“Deklarasi Idris dan Anggara ke PAN akan mempercepat proses PAW di DPRD, sesuai dengan ketentuan di UU dan Tata Tertib DPRD,” ucapnya.

Saat ini, Elva mengatakan pihak Dewan Pimpinan Pusat (DPP) sedang menjalankan mahkamah partai untuk menindaklanjuti pengunduran diri Anggara dan Idris. Selanjutnya, jika sudah ada keputusan maka DPW PSI DKI akan bersurat ke Ketua DPRD DKI untuk permohonan PAW.

“Di pertengahan September ini, sudah rampung di internal. Kita berharap dari Pimpinan DPRD DKI juga akan memproses dengan lancar dan tertib ketika berkas PAW kami berikan minggu ini,” ucapnya.

Ketua Fraksi PSI Idris Ahmad. (LiveNews/Tio).

Diberitakan sebelumnya, tiga orang kader Partai Solidaritas Indonesia secara resmi diperkenalkan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Dua di antaranya merupakan anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI.

Mereka adalah Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Idris Ahmad sebagai incumbent anggota DPRD DKI dan satu lagi berstatus kader PSI yakni Jovin Kurniawan.

Baca Juga:   Minta Kader Gerindra Datangi Setiap Rumah saat Pemilu 2024, Riza Patria: Warga Senangnya Ditemui

Baca Juga:Bawaslu Akan Dalami Video Ketum PAN Zulhas Bagi-bagi Rp 50 Ribu ke Masyarakat

“Jadi saya sangat senang sekali temen-temen PSI akan bergabung di PAN,” kata Ketua DPW PAN DKI Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio dalam konferensi persnya di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023).

Adapun Anggara menyampaikan, jika dirinya memilih bergabung dengan PAN usai melalui diskusi khusus bersama Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Jadi mungkin kalau dari saya kenapa akhirnya memilih PAN telah melalui proses renungan diskusi dengan beberapa orang khususnya Pak zulhas dan Pak Erick diskusi dan menimbang cukup panjang akhirnya memilih PAN,” katanya.

Selain itu ia menganggap, PAN telah memberikan ruang bagi para anak-anak muda untuk berpolitik.

Kembali ke Eko, ia menyampaikan, ketiga kader yang baru bergabung itu nantinya akan maju di Pemilu 2024 mendatang sebagai calon anggota legislatif DPRD DKI Jakarta.

“Ini kan tiga sudah menyakinkan dirinya untuk bergabung ke PAN,” katanya.

Related Articles

Back to top button