Nasional

Rentetan Insiden Lift Jatuh di Indonesia, Terbaru di Resort Ubud sampai 5 Korban Tewas

Peristiwa lift jatuh yang menewaskan lima karyawan tidak hanya menyisakan kesedihan mendalam bagi keluarga korban. Namun, juga menjadi pukulan berat bagi pengelola Ayu Terra Resort Ubud.

Pemilik Ayu Terra Resort, Linggawati Utomo berjanji akan bertanggung jawab atas insiden maut putusnya tali sling lift yang terjadi pada Jumat (1/9/2023) tersebut. Linggawati mengucapkan belasungkawa dan juga permohonan maaf kepada keluarga korban.

Kecelakaan lift bukanlah hal yang baru di Indonesia. Insiden ini sudah sering terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.

Penyebabnya pun diketahui beragam, mulai dari kelalaian pihak-pihak yang bersangkutan sampai dengan kelebihan muatan.

Baca Juga:Insiden Lift Jatuh Tewaskan 5 Pekerja, Siapa Pemilik Ayu Terra Resort Ubud?

Adapun berikut ini sederet insiden kecelakaan lift yang terjadi di Indonesia:

RS Fatmawati

Pada tahun 2016 lalu, lift di Rumah Sakit Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan terjun bebas ke lantai dasar dari lantai 4. Insiden tersebut terjadi pada 19 Juni 2016 lalu.

Penyebab dari kecelakaan tersebut karena lift kelebihan kapasitas. Dalam insiden tersebut, tidak ada korban jiwa, tetapi satu orang mengalami retak di bagian kaki.

Blok M Square

Baca Juga:Mencekam! Video Detik-Detik Tali Lift Putus di Ubud yang Tewaskan 5 Orang Diunggah Hotman Paris

Satu tahun berselang tepatnya pada 17 Maret 2017, lift jatuh juga sempat terjadi di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan. Berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian, lift dipaksa berjalan meski kondisinya penuh. Akibat dari kejadian tersebut, ada 25 orang korban yang mengalami patah tulang.

Gedung BRI II

Pada tahun yang sama tepatnya pada 20 Januari 2017, sebuah lift di Gedung BRI II, Sudirman, Jakarta Pusat terjatuh. Saat kejadian, lift tersebut terjun bebas dari lantai 3 ke lantai dasar. Untungnya, dari kejadian ini, dipastikan tidak ada korban jiwa.

Baca Juga:   Rawat Tanaman Ganjar, Pesulap Oge Arthemus Diringkus Polisi

Mal Margo City

Pada 21 Agustus 2021, terdengar suara ledakan dari Mal Margo City, Depok, Jawa Barat.  Setelah diselidiki, suara tersebut berasal dari lift barang mal yang jatuh.

Akibat dari kejadian ini, karyawan yang berinisial M dinyatakan meninggal dunia dan 4 orang lainnya mengalami luka bakar.

Toko Dekorasi Sawah Besar

Pada bulan September 2022, sebuah lift toko dekorasi di Sawah Besar, Jakarta Pusat, terjatuh dari lantai 4. Kejadian tersebut mengakibatkan satu orang karyawan meninggal dunia. Sementara satu orang lainnya mengalami patah tulang.

Ruko Grogol

Pada 15 Agustus 2022, seorang teknisi listrik berinisial S tewas setelah lift barang sebuah ruko di Taman Surya 1, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Saat itu, korban tengah melakukan perbaikan. S tidak menyadari pintu lift sudah menutup dan bergerak menjepitnya ke atas.

Bandara Kualanamu

Seorang jasad wanita bernama Asiah ditemukan di dasar lift Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara pada Kamis, 27 April 2023. Sebelumnya, Asiah dinyatakan hilang dan pihak keluarga sempat meminta bantuan kepada pihak bandara untuk dilakukan pencarian, tetapi hasilnya nihil.

Pihak bandara diketahui menolak menunjukkan rekaman CCTV di lokasi terakhir korban sebelum putus kontrak. PT Angkasa Pura Aviasi menyebut bahwa korban terjatuh setelah merasa panik karena tidak mengetahui bahwa pintu akses masuk dan keluar lift tersebut berbeda.

Namun, pihak keluarga merasa ada yang janggal dan menganggap pihak bandara lalai dalam menjalankan tugas sampai merenggut nyawa pengunjung. Pihak korban kemudian menuntut enam perusahaan tidak terkecuali PT Angkasa Pura Aviasi dengan Pasal 359 KUHP.

Pakuwon Tower

Pada Senin, 8 Mei 2023, belasan orang terjebak dalam lift di Gedung Pakuwon Tower selama 2,5 jam. Meskipun tidak ada korban jiwa, peristiwa tersebut menyisakan luka dan seorang pekerja bahkan dilaporkan mengalami syok berat. 

Baca Juga:   Selain Dituntut 12 Tahun Penjara, Mario Dandy Juga Dibebani Bayar Restitusi Rp 120 Miliar

Tiga lift yaitu H6, H8, dan H9 kerap ramai digunakan oleh pengunjung gedung 47 lantai tersebut di jam 18.00 WIB. Selang satu jam, terjadi eror hingga menjebak orang-orang tidak terkecuali karyawan. Lift berhasil dievakuasi pada pukul 21.50 WIB.

Kantor Gubernur Jawa Tengah

Pada hari yang sama dengan kejadian di Pakuwon Tower, seorang teknisi AR tewas saat melakukan perawatan lift di Gedung E Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) di Semarang.

Kasatreskrim Polrestabes Semarang, Donny Lumbantoran menyebut korban terjepit lift yang bergerak naik ke lantai 4.

Atas peristiwa tersebut, kepala dan dada AR terluka. Ia kemudian dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Sekolah Islam Terpadu Az-Zahra

Kecelakaan lift juga terjadi di lingkungan sekolah, yaitu di Sekolah Islam Terpadu (IT) Az Zahra, Bandar Lampung, Lampung pada 5 Juli 2023. Dari kejadian tersebut, tujuh orang tewas dan dua orang lainnya luka berat. Adapun para korban merupakan pekerja bangunan.

Pada saat kejadian, korban hendak turun dari lantai lima ke lantai satu. Mereka naik lift bersama-sama. Namun, ternyata lift yang mereka naiki dipergunakan untuk mengangkut barang.

Kasatreskrim Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandar Lampung Kompol Dennis Arya Putra menjelaskan kecelakaan lift tersebut diduga dipicu karena kelebihan beban atau overload. Hal tersebutlah yang menjadikan tali sling lift putus.

Ayu Terra Resort Ubud

Terbaru, peristiwa jatuhnya tabung lift terjadi pada Sabtu, 2 September 2023. Dari kejadian tersebut, 5 karyawan dinyatakan tewas, dua meninggal di lokasi kejadian dan tiga korban lainnya meninggal saat hendak dibawa ke rumah sakit.

Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada menjelaskan hasil penyelidikan sementara yang menyebutkan lift tersebut over kapasitas.

Baca Juga:   Giliran Amanda Manopo Diperiksa Bareskrim Terkait Promosi Judi Online

Ia menyebut, tanpa merinci berat maksimal lift tersebut idealnya dinaiki maksimal oleh empat orang. Menurutnya, informasi tersebut diketahui dari data buku panduan lift yang digunakan oleh resort tersebut.

Saat ini, area lift di Ayu Terra Resort Ubud telah dipasang garis polisi. Bekas darah mengering dan bau amis masih terasa di lokasi kejadian. Sejumlah keluarga korban tampak berdatangan untuk melaksanakan upacara Pengulapan.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Related Articles

Back to top button