Tekno

Siap Saingi Meta, Telegram Hadirkan Fitur untuk Berbisnis

Foto : Telegram

LiveNews – Telegram baru saja meluncurkan fitur baru bernama Telegram Business. Fitur ini menghadirkan banyak opsi yang ditujukkan untuk bisnis, seperti jam buka, lokasi, balasan cepat, pesan otomatis, chat pembuka, dukungan chatbot, dan sebagainya.

Peluncuran fitur ini merupakan upaya Telegram untuk menjadi aplikasi yang dapat menghasilkan keuntungan. Hal tersebut mengarah pada penggunaan fitur yang mengharuskan para pengguna untuk berlangganan versi Premium berbayar untuk mengaksesnya.

Biaya yang dibanderol untuk Telegram Premium itu sendiri yaitu $4,99 per bulan. Namun, Telegram Business diperkirakan akan memberikan lonjakan tersendiri dalam biaya premium karena fitur ini menawarkan berbagai alat serta opsi yang dapat digunakan oleh pelanggan bisnis tanpa perlu mengetahui cara membuat kode.

Pendiri Telegram, Pavel Durov, telah mengisyaratkan terkait fitu-fitur ini. Pada awal bulan lalu, Ia telah mengatakan bahwa Telegram akan meluncurkan chatbot AI untuk penggunaan bisnis. Telegram juga dikabarkan akan melakukan penambahan opsi baru pada fitur Telegram Business dalam pembaruan mendatang.

Baca juga: Meta Berencana Labeli Konten Hasil AI

Dalam artikel resminya, Telegram menjelaskan berbagai opsi yang terdapat dalam Telegram Business yang dapat dilihat di bawah ini.

Jam Buka dan Lokasi

Telegram Business memungkinkan para pengguna untuk menunjukkan waktu operasional serta lokasi bisnis mereka di peta.

Halaman Awal

Telegram menawarkan opsi untuk melakukan kustom pada halaman awal chat bisnis. Pengguna dapat membuat teks pendek serta memilih stiker yang akan dilihat pelanggan saat memulai obrolan. Pada bagian ini, pengguna dapat memperlihatkan berbagai informasi terkait produk dan jasa dari bisnis mereka.

Baca Juga:   WhatsApp Sekarang Bisa Kirim Foto HD dengan Mudah!

Balasan Cepat

Telegram memungkinkan para pengguna untuk menyusun template balasan cepat yang akan dikirimkan kepada pelanggan saat mereka melakukan obrolan. Tanda ‘/’ dalam bilah pesan akan memunculkan semua balasan cepat yang telah dibuat, yang dapat Anda kirim atau edit dalam satu ketukan.

Pesan Pembuka

Pengguna dapat memasang pesan pembuka yang akan dikirimkan secara otomatis untuk pelanggan yang memulai obrolan untuk pertama kalinya.

Pesan di Luar Jam Kerja

Pengguna juga dapat memasang pesan di luar jam kerja yang akan dikirimkan kepada pelanggan saat bisnis sedang tutup atau libur.

Baca Juga:   HP Indonesia Dukung Hybrid Work dan Gaming dengan Portofolio Future-Ready

Tagar Obrolan

Pada opsi ini, pengguna dapat memberi label yang berbeda untuk setiap pelanggan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam membedakan pelanggan sesuai kebutuhan dan skala prioritas.

Tautan Obrolan

Pengguna juga dapat membuat tautan obrolan yang memungkinkan orang untuk mengunjungi akun Anda melalui link yang tersedia. Tautan ini dapat digunakan di luar dari aplikasi Telegram hingga dalam bentuk QR code yang ditempelkan pada menu.

Chatbot untuk Bisnis

Pengguna Telegram Business dapat menyambungkan bot Telegram yang nantinya akan memproses dan menjawab pesan pelanggan atas nama mereka. Hal ini memampukan bisnis untuk dengan mudah mengintegrasikan fungsi dan alur kerja yang sudah ada, atau menambahkan asisten AI untuk mengelola percakapan.

Peluncuran fitur ini juga menjadi upaya Telegram dalam memasuki pasar persaingan aplikasi yang menawarkan fitur bisnis, sama seperti beberapa aplikasi besutan Meta, yaitu Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Telegram Business dapat ditemukan pada menu Pengaturan. Baca juga berita dan artikel yang lain di Google News.

Baca juga berita dan artikel yang lain di Google News

(ftn)

Related Articles

Back to top button