Tekno

Buruan Coba! Fitur Berbayar ChatGPT Ini Kini Gratis untuk Pengguna Indonesia


Foto: ZDNet

LiveNews – ChatGPT, chatbot cerdas buatan (artificial intelligence/AI), telah mengumumkan pembebasan salah satu fitur unggulannya, yang sebelumnya hanya tersedia bagi pengguna berlangganan ChatGPT Plus. Fitur yang kini bisa dinikmati secara gratis adalah Instruksi Khusus atau Custom Instructions.

Fitur ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk memberikan instruksi khusus kepada chatbot AI ini saat merespons pertanyaan. Dengan kata lain, Custom Instructions memberikan pengguna kendali lebih besar atas interaksi dengan ChatGPT.

Menggunakan fitur Custom Instructions ini, pengguna memiliki kemampuan untuk mengatur preferensi dan persyaratan tertentu yang akan diikuti oleh ChatGPT ketika memberikan jawaban. Biasanya, pengguna harus mengetikkan preferensi ini setiap kali memberikan instruksi dalam kolom “pesan”. Sebagai contoh, pengguna dapat memberikan perintah seperti “mohon jawaban dalam 1.000 kata”, atau “sampaikan jawaban dalam bahasa formal”.

Fitur Custom Instructions tidak hanya memungkinkan pengguna untuk menyimpan perintah yang sering digunakan, tetapi juga menghemat waktu. Ini menghindarkan pengguna dari keharusan mengetik instruksi yang sama berulang kali saat berinteraksi dengan chatbot AI ini.

Cara Pakai Fitur Custom Instructions ChatGPT

Pengguna ChatGPT di Indonesia telah memiliki akses ke fitur Custom Instructions melalui aplikasi ChatGPT versi 1.0.0031 pada perangkat Android.

Pengguna dapat menemukan fitur Custom Instructions dengan mengikuti langkah-langkah seperti mengklik “Pengaturan” > “Instruksi Khusus” > “Lanjutkan” > dan memasukkan instruksi yang diinginkan.

Dalam pengaturan ini, pengguna akan disuguhkan dua kolom untuk menginputkan instruksi khusus.

chatgpt

Fitur Custom Instructions ChatGPT. Foto: SS ChatGPT

Kolom Pertama

Di kolom pertama, pengguna dapat memberikan informasi tentang diri mereka, seperti pekerjaan, preferensi teknologi, atau informasi lain yang relevan. Sebagai contoh, pengguna dapat menjelaskan bahwa mereka adalah seorang guru Matematika di kelas 3 SD, seorang pengembang dengan kecintaan pada bahasa pemrograman Python, atau seorang anggota keluarga yang tinggal bersama lima orang.

Baca Juga:   Cara Maksimalkan Fitur Instagram Guides untuk Content Creator dan Pelaku Bisnis

Kolom Kedua

Di kolom kedua, pengguna dapat menentukan preferensi mereka terkait jawaban yang dihasilkan oleh ChatGPT. Sebagai contoh, pengguna dapat menginginkan jawaban dalam bahasa formal, menggunakan bahasa asing tertentu, atau memiliki jumlah kata atau karakter tertentu. Semua informasi dan preferensi yang dimasukkan ke dalam dua kolom Instruksi Khusus ini akan membantu ChatGPT untuk memberikan jawaban yang lebih sesuai.

Baca juga: ChatGPT Hadirkan 6 Fitur Baru, Bisa Unggah Banyak File Sekaligus

Penting untuk mencatat bahwa fitur Custom Instructions ini sebelumnya hanya tersedia dalam versi beta untuk pengguna berlangganan ChatGPT Plus pada bulan Juli. Namun, sejak tanggal 10 Agustus, fitur ini telah diaktifkan untuk semua pengguna, termasuk pengguna aplikasi ChatGPT pada perangkat iOS dan Android.

Ini adalah langkah yang diambil oleh OpenAI, pengembang ChatGPT, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada semua pengguna.
Dalam panduan resmi yang diberikan oleh OpenAI, perusahaan menjelaskan bahwa informasi yang diberikan melalui Instruksi Khusus akan digunakan untuk melatih model API-nya agar dapat merespons berbagai instruksi pengguna dengan lebih baik.

Dengan kata lain, informasi dari penggunaan instruksi khusus akan digunakan untuk mengembangkan model ChatGPT agar lebih adaptif terhadap berbagai instruksi yang berbeda.

Baca juga: Makin Mudah! Begini Cara Bikin Kata Pengantar Skripsi dengan ChatGPT

OpenAI juga menekankan bahwa langkah ini akan membantu meningkatkan kinerja model tanpa kehilangan kualitas tanggapan yang dihasilkan.

Dengan demikian, ChatGPT terus berinovasi untuk memberikan pengalaman yang semakin memuaskan bagi para pengguna. Dengan fitur Custom Instructions yang sekarang gratis dan dapat diakses oleh semua pengguna, interaksi dengan chatbot AI ini akan semakin dioptimalkan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing individu. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur baru ini dan nikmati pengalaman berinteraksi yang lebih personal dengan ChatGPT.

Baca Juga:   AnyMind Group Akuisisi Perusahaan E-Commerce di Indonesia, DDI

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News ya Tech Experts!

(dwk)

Related Articles

Back to top button