Tekno

Lebaran Sebentar Lagi, Cek Langkah Mudah Top Up E-Toll via Tokopedia!

Foto: Fastpay

LiveNews – Mudik lebaran 2024 semakin dekat. Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, memastikan saldo e-toll terisi cukup menjadi salah satu persiapan penting. 

Kini, top up e-toll tak perlu repot keluar rumah atau mencari ATM. Salah satu cara mudah dan praktis adalah melalui aplikasi Tokopedia. 

Artikel ini akan memandu Anda secara lengkap dan detail tentang cara top up e-toll visa Tokopedia untuk perjalanan mudik Lebaran 2024. 

Langkah-langkah Top Up E-Toll via Tokopedia

top up e-toll via tokopedia
Foto: tekno.kompas.com

1. Buka Aplikasi Tokopedia: Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Tokopedia di ponsel Anda. Buka aplikasi Tokopedia dan login ke akun Anda. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh gratis di Play Store (Android) di App Store (iOS). Buka aplikasi Tokopedia dan login ke akun Anda. 

2. Akses Menu Top-Up & Tagihan: Pada halaman awal aplikasi Tokopedia, temukan dan pilih menu “Top-Up & Tagihan”. Menu ini biasanya terketak di bagian bawah layar. Terkadang, menu ini juga bisa ditemukan dengan label “Isi Ulang & Tagihan”. 

3. Pilih Opsi “Uang Elektronik”: Di dalam menu “Top Up & Tagihan”, temukan dan pilih opsi “Uang Elektronik”.  Opsi ini mungkin juga diberi label “Dompet Digital” atau sejenisnya, tergantung pada versi aplikasi Tokopedia yang Anda gunakan. 

4. Masukkan Nomor E-Toll: Masukkan nomor e-toll yang tertera di kartu fisik e-toll Anda. Pastikan nomor e-toll yang dimasukkan benar. Kesalahan memasukkan nomor dapat menyebabkan pengisian saldo e-toll gagal atau terisi ke kartu e-toll yang berbeda. 

5. Pilih Nominal Top Up: Pilih nominal saldo yang ingin Anda isikan ke e-toll. Tokopedia menawarkan nominal top up minimal Rp10.000 dan maksimal Rp1.000.000. Sesuaikan nominal top up dengan perkiraan biaya tol yang akan Anda keluarkan selama perjalanan mudik. 

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Boarding School dan Manfaatnya untuk Masa Depan Siswa

6. Konfirmasi Transaksi: Tinjau kembali detail transaksi, termasuk nomor e-toll, nominal top up, dan biaya transaksi. Pastikan semua detail sudah benar. Jika sudah yakin, klik tombol “Bayar” atau “Lanjutkan Pembayaran.”

7. Pilih Metode Pembayaran: Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan untuk menyelesaikan transaksi top up. Tokopedia menyediakan berbagai metode pembayaran, seperti OVO, GoPay, transfer bank, dan kartu debit/kredit. 

  • E-wallet: OVO, GoPay, Dana, ShopeePay, LinkAja. 
  • Transfer Bank: BCA, Mandiri, BNI, BRI, dan bank lainnya yang terintegrasi dengan Tokopedia.
  • Kartu Kredit/Debit: Visa, Mastercard, dan kartu kredit/debit lainnya yang diterbitkan oleh bank partner Tokopedia. 

8. Selesaikan Pembayaran: Ikuti instruksi yang diberikan di layar untuk menyelesaikan pembayaran sesuai dengan metode yang Anda pilih. Proses ini mungkin melibatkan memasukkan PIN e-wallet, mobile banking password, atau kode OPT (One Time Password). 

9. Konfirmasi Keberhasilan: Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima notifikasi yang menyatakan bahwa top up e-toll telah berhasil dilakukan. Saldo e-toll Anda akan bertambah sesuai dengan nominal yang Anda pilih. 

Baca juga: Transaksi Pengalihan Selesai, TikTok Kini Jadi Pemegang Saham Pengendali Tokopedia

Manfaat Top Up E-Toll via Tokopedia

  • Praktis dan Mudah: Top up e-toll visa Tokopedia dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa harus keluar rumah atau mencari ATM. 
  • Aman dan Terjamin: Tokopedia merupakan platform e-commerce terpercaya yang menjamin keamanan transaksi Anda. 
  • Banyak Pilihan Nominal Top Up: Tokopedia menawarkan berbagai pilihan nominal top up, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. 
  • Tersedia Berbagai Metode Pembayaran: Tokopedia menyediakan berbagai metode pembayaran yang memudahkan Anda untuk menyelesaikan transaksi top up. 

Tips Tambahan

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil saat melakukan top up e-toll via Tokopedia. Jangan lupa simpan bukti transaksi top e-toll untuk berjaga-jaga jika terjadi kendala di kemudian hari. Jika Anda memiliki beberapa kartu e-toll, Anda dapat melakukan top up untuk semua kartu e-toll tersebut dengan  mengikuti langkah-langkah yang sama. 

Baca Juga:   Kisah Amanda Cole Founder Sayurbox, Masuk Forbes 30 Under 30 Berkat Jualan Sayur

Top up e-toll via Tokopedia merupakan solusi praktis dan muda bagi para pemudik Lebaran 2024 untuk memastikan saldo e-toll mereka terisi cukup. Dengan mengikuti panduan lengkap dan detail di atas, Anda dapat melalukan top up e-toll dengan cepat dan aman. Selamat mudik dan semoga perjalanan Anda lancar!

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button